Jl. Argoluwih No. 15, Kel.Ledok, Kec.Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732

(0298)-322388

0811 2667 088

INILAH 5 HAL YANG HARUS MAHASISWA LAKUKAN SAAT LIBURAN MENYAMBUT SEMESTER BARU

Seputar KampusJuly 21, 2022

Masa perkuliahan di Politeknik Bhakti Semesta yang terdiri dari 2 semester per tahun ajarannya memiliki dua kali masa liburan. Setiap ujian akhir semester momen yang ditunggu-tunggu seluruh mahasiswa pasti masa liburan. Liburan akhir semester memang menjadi waktu yang sudah dinantikan setelah melewati satu semester yang panjang dengan berbagai kesibukan dunia perkuliahan. Namun, di balik hal itu masa liburan akhir semester jangan sampai membuat mahasiswa terlena untuk tidak produktif. 

Ada banyak hal yang bisa dilakukan saat liburan akhir semester untuk menambah kegiatan jadi lebih produktif dan positif. Selain bisa digunakan untuk membuka usaha kecil-kecilan agar liburan tetap ada pendapatan tambahan, bisa juga mengikuti kursus atau pelatihan untuk meningkatkan skill dan ikut webinar tentang hal baru yang menarik untuk menambah wawasan. Nah, tetapi ada beberapa hal lain juga yang yang sebaiknya dilakukan oleh mahasiswa selama masa liburan akhir semester diantaranya sebagai berikut :

  1. Evaluasi Semester Lalu

Setelah melalui semester sebelumnya pasti sebagai mahasiswa memiliki catatan tersendiri apa yang harus diperbaiki di semester selanjutnya. Saat memasuki semester baru kebiasaan buruk, kegiatan yang tidak produktif bisa dihilangkan pelan-pelan digantikan dengan kegiatan baru. Evaluasi dilakukan untuk menuju best version mahasiswa dalam menerapkan metode belajar selama berkuliah. Contohnya : lebih banyak mencatat dan tidak menunda-nunda deadline tugas

2. Lebih Disiplin Pada Jadwal dan Waktu dari Semester Sebelumnya

Memperbaiki waktu belajar atau disiplin mengatur waktu kuliah dengan baik memang tidak mudah, tetapi tidak ada salahnya untuk mencoba mengatur jadwal dan waktu aktifitas sehari-harinya agar lebih terstruktur dan disiplin.

3. Cari Motivasi dan Semangat Baru

Memasuki semester baru biasanya jadwal mata kuliah semakin banyak yang diambil, mencari motivasi baru untuk memberikan semangat belajar lebih tinggi lagi bisa dilakukan. Support system bisa menambah dukungan yang positif memberikan dampak yang baik untuk terus termotivasi belajar dengan baik.

4. Mengatur Jam Belajar lebih Efektif

Perbaiki pola belajar dengan mengatur jam atau waktunya dengan baik. Hilangkan kebiasaan membuat tugas dengan sistem kebut semalam, diganti dengan menyelesaikannya jauh-jauh hari sebelum mendekati deadline agar lebih well prepared. 

5. Persiapkan Mental Diri Lebih Maksimal

Ketika waktu liburan sudah hampir selesai saatnya kembali mempersiapkan diri untuk tidak lagi bersantai-santai dan mengingat kembali evaluasi yang sudah dilakukan dari semester sebelumnya. Awal semester baru harus ada progres lebih baik, namun tidak ada salah juga di tengah kesibukan berkuliah memberikan jadwal atau waktu tersendiri untuk menjalani hobi untuk sedikit refreshing. 

Saat ini Politeknik Bhakti Semesta sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan ke 2 tahun ajaran 2022/2023 dengan Beasiswa Kutus-Kutus Indonesia Pintar. Informasi lebih lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru tersebut bisa diakses melalui website, media sosial, contact person sales marketing atau datang langsung di kampus kami.

(Zahroti Ifadah, S.I.Kom – Promotion Polibest)

Virtual Campus Tour

©2023 Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. All Rights Reserved.