MENU

Tentang Politeknik Bhakti Semesta

Program studi POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA sebagai produk pendidikan mempunyai prospek yang sesuai pasar pada era digital, adapun prospek dari masing-masing program studi yaitu sebagai berikut:

A. BISNIS DIGITAL

Pada 2020, diperkirakan bisnis e-commerce di Indonesia akan terus berkembang hingga mencapai transaksi sebesar ratusan triliun rupiah. Hal ini ditopang dengan tren entrepreneurship yang berkembang pesat pula di Indonesia. Inovasi digital marketing menjadi nilai tambah akan peluang bisnis e-commerce ini. Selain itu, ada sedikitnya 60 juta Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) yang juga potensial untuk bisnis e-commerce. Untuk menghadapi tantangan sekaligus peluang tersebut, tentunya sumber daya manusia yang mumpuni sangat diperlukan. Hal inilah yang coba dijawab dengan adanya jurusan bisnis digital. Program studi ini akan memaksa anda untuk selalu update perkembangan dan pengetahuan terbaru. Anda tak lagi gagap menghadapi gempita revolusi industri 4.0 yang ditandai oleh pesatnya bisnis digital. 

Lulusan jurusan ini terbilang masih langka. Kalau kamu punya pengetahuan mendalam soal bisnis digital dan memiliki keahlian di bidang IT ataupun digital, lulusan Bisnis Digital akan jadi incaran perusahaan yang bergerak di bidang digital yang siap bekerja di berbagai perusahaan pada level manajerial, baik perusahaan besar maupun startup. Beberapa contoh profesi yang dapat ditekuni ketika memiliki kemampuan digital, yakni perencana bisnis, manajer pemasaran digital, konsultan bisnis, hingga manajer pengembangan bisnis, serta bisa jadi wirausaha bidang teknologi digital.

B. TEKNOLOGI REKAYASA MULTIMEDIA

Teknologi multimedia merupakan rekayasa komputasi yang dioptimalkan untuk meningkatkan kinerja sistem multimedia dengan menggunakan teknik pemrosesan multimedia. Pemrosesan multimedia adalah teknik pengolahan sejumlah informasi yang berupa perpaduan data dari: text, speech, music, still image, video, animation beserta sumber-sumber lain ke dalam suatu datastream koheren sehingga informasi dapat diwakili, disimpan, dikirim dan diproses secara digital. Pemrosesan multimedia merupakan bidang kajian yang dirancang untuk memenuhi tuntutan profesional dari industri multimedia khususnya pada sistem perangkat lunak untuk produksi multimedia dengan menggabungkan sistem multimedia dengan aplikasi perangkat lunak internet. Penguasaan dalam bidang teknologi multimedia akan mempersiapkan lulusan dengan kemampuan pengolahan citra dan komputasi multimedia yang meliputi: pemrosesan informasi berupa text, speech, music, still image, video, animation beserta sumber-sumber lain ke dalam suatu coherent datastream serta interaksi antar sejumlah perangkat antarmuka. Peluang kerja multimedia merupakan bidang yang berkaitan dengan penggunaan berbagai media untuk menyampaikan informasi ke publik, termasuk media digital dan media cetak: i. Web designer, ii. Desainer grafis bertanggung jawab membuat desain untuk keperluan publikasi di media cetak, website, poster, kemasan produk,iii. Illustrator menggabungkan seni, desain, dan kreativitas untuk menghasilkan gambar visual orisinil untuk berbagai produk dan media.iv. Interactive media designer bertanggung jawab untuk membuat desain interaktif yang melibatkan teks, data, grafis, suara, animasi, dan efek visual lainnya.

C. REKAYASA KEAMANAN SIBER 

Perkembangan internet di masa kini yang begitu cepat membuat keamanan dalam dunia maya yang juga semakin terancam dengan aktivitas para hacker sehingga jurusan Cyber Security ini sangat dibutuhkan untuk Cyber Defense (pertahanan dunia maya). Mahasiswa akan belajar untuk membuat proyek-proyek yang membutuhkan kolaborasi dengan industri dan pemerintah serta membantu mahasiswa untuk mengeksplorasi berbagai ancaman di dunia maya serta membentuk sistem pertahanannnya. Program studi ini dirancang khusus untuk membekali mahasiswa dengan pengetahuan dan keahlian dalam pengujian, perancangan, dan implementasi pertahanan dalam dunia maya. Jurusan Cyber Security memiliki dasar yang kuat pada komputer sains serta teori dan kemampuan berpikir kritis mengenai teknologi dunia maya masa kini.
Untuk menunjang & menjamin  pencapaian Kualitas lulusan akan tampak pada  sumber adaya dan sarana dan prasarana Pembalajaran yang ada ,  Yayasan Kutus Kutus Bhakti Semesta dalam usaha mendirikan Politeknik telah mempersiapkan sumber daya dalam menyelenggarakan dan mengelola kegiatan Politeknik sesuai prinsip Tridharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian pada masyarakat. Adapun sumber daya yang dimaksud:

1. Sumber daya dalam menyelenggarakan Pendidikan/Proses Belajar Mengajar, sebagai berikut:

1.1. Sumber Daya Manusia 

Tenaga Pendidik (Dosen) dan Tenaga Kependidikan, dalam hal ini telah direkrut masing masing program studi sebanyak 5 (lima) Dosen S2 dan 1 Tenaga Admisi dan Tenaga Keuangan, Tenaga Laboran dan Perpustakaan.

1.2. Sarana dan Prasarana Belajar Mengajar

  1. Laboratorium Bahasa berbasis jaringan dengan muti platform (Windows, Android & iOS), dilengkapi peralatan Multimedia dengan kapasitas 24 Mahasiswa dan 1 Dosen.
  2. Laboratorium Komputer Multimedia, dengan kapasitas 24 Mahasiswa dan 1 Dosen
  3. Laboratorium Fotografi
  4. Laboratorium Broadcasting yang siap dipublish secara online melalui YouTube channel, streaming dan IPTV berbasis Internet, yang terdiri studio mini, room control, master control (MCR) dan ruang podcast.
  5. Laboratorium Audio Post Production.
  6. Jaringan Local Area Network (LAN) dan wifi kampus
  7. Ruang Kuliah berbasis Multimedia sebanyak 9 kelas.
  8. Perpustakaan

1.3. Sarana dan Prasarana Pendukung

  1. Kantor Administrasi dan Keuangan
  2. Ruang Dosen masing-masing program studi
  3. Ruang Auditorium dengan kapasitas 100 mahasiswa
  4. Ruang Rapat
  5. Ruang Server dan pusat Internet
  6. Kantin
  7. Mushola
  8. Lapangan Basket
  9. Parkir
  10. Kamar mandi dan wc

1.4. Sistem Pengelolaan Data dan Komunikasi

  1. Sistem pengelolaan Admisi dan Keuangan Terpadu (SIAKAD) berbasis online.
  2. Aplikasi COMPRO ADVANCED berbasis Android dan iOS sebagai sistem komunikasi aktif bagi mahasiswa.

2. Sumber Daya dalam Menyelenggarakan Penelitian:

  1. Laboratorium Komputer khusus untuk melakukan penelitian/produksi bagi mahasiswa dan dosen.
  2. Kerjasama dengan DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri).
  3. Alokasi Anggran Penelitian

3. Sumber Daya dalam Menyelenggarakan Pengabdian Masyarakat:

  1. Alokasi anggaran pengabdian masyarakat
  2. Bekerjasama dengan lembaga pemerintah merujuk pada ketentuan Kampus Merdeka yang berlaku.