Jl. Argoluwih No. 15, Kel.Ledok, Kec.Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732

(0298)-322388

0811 2667 088

JAWABAN DARI TANTANGAN DUNIA MULTIMEDIA DI MASA SEKARANG DAN MENDATANG, ADA DI PRODI TEKNOLOGI REKAYASA MULTIMEDIA POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA

Seputar KampusJuly 15, 2022

Bila ditanya, apa pekerjaan yang kamu impikan? jawaban apa yang akan kamu sampaikan? menengok pada passion diri dan melek perkembangan jaman di era sekarang tentu ada banyak bidang yang membuat kita semakin memiliki beberapa opsi, mana yang bisa dipilih dan dijadikan peluang mendukung minat yang dimiliki. Jika bicara tentang teknologi sekarang ini pasti tidak bisa dipisahkan oleh kehidupan manusia. Saat ini, kebutuhan kita sudah begantung dengan memanfaatkan teknologi. Teknologi menjadi tonggak utama kita dalam menjalankan berbagai macam kemudahan dalam kegiatan belajar, bekerja dan aktifitas apapun.

Teknologi, Informasi dan Komunikasi yang berkembang pesat sampai saat ini tak terukur oleh ruang dan waktu seakan tidak ada jarak lagi yang membatasi untuk saling berkomunikasi. Adanya kecanggihan dan modernisasi secara global merubah gaya hidup manusia lebih maju, seperti halnya untuk keperluan bisnis di instansi, perusahaan atau lembaga apapun saat ingin membuat sesuatu yang bersifat komersil tidak hanya melalui teks dan pesan suara tetapi secara visual beberapa hal tersebut bisa dikemas jadi satu dengan perangkat teknologi. 

Perkembangan ini harus diimbangi dengan kesadaran kita dalam memanfaatkannya untuk kepentingan yang positif, perubahan tren yang terus berotasi pada masa kini contohnya seperti social gaming, body motion sensor, augmented reality, internet tv dan mobile payment. Adanya hal-hal baru tesebut memunculkan pemikiran-pemikiran baru juga seperti di dunia pendidikan sekarang. Politeknik Bhakti Semesta menyadari adanya dampak besar yang bisa dimanfaatkan oleh Sumber Daya Manusia di Indonesia dengan membuka Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia. 

Selain SDM yang mumpuni di bidang tersebut, menciptakan generasi muda yang ahli dalam bidang multimedia menjadi salah satu tujuan untuk menjawab tantangan dunia multimedia di masa sekarang dan mendatang yang sudah terprediksi tidak akan ada matinya. Artinya bidang Teknologi Multimedia ini akan terus dibutuhkan sampai kapanpu untuk kepentingan bisnis dan yang lainnya. 

Mengusung Perguruan Tinggi Vokasi yang mengedepankan sistem belajar 70% praktik dan 30% teori, Project Based Learning (PBL) yang menjadi kurikulum pembelajaran di Politeknik Bhakti Semesta ini telah dijalankan dan teraplikasikan dengan baik oleh Dosen kepada seluruh mahasiswa. Pada semester 2 ini saja Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia memberikan project yang diusung mata kuliah Komputer Grafis dan Dasar Game. Hasil project yang dilakukan mahasiswa sangat memuaskan dan menjadi nilai tugas akhir semester genap tahun ajaran 2021/2022 ini.

Dalam PBL tersebut diampu oleh beberapa Dosen yaitu  Johannes Latuny, S.Kom., M.Kom. , Big Greogory Kaitelapatay, S.Kom., M.Kom. , Nugrahaning Esa Pratiwi, S.I.Kom., M.I.Kom. ,  Astriyer Nahumury, S. Kom. pada PBL ini terdiri dari 5 mata kuliah, nah salah satunya mata kuliah Komputer Grafis mengajarkan materi konsep-konsep desain yang diaplikasikan dalam pembuatan desain produk. Produk yang harus dikerjakan mahasiswa dalam PBL ini ada 3 yaitu souvenir, desain kemasan produk Kutus-Kutus yang 100 ml dan katalog produk Kutus-Kutus. PBL Prodi Teknologi Rekayasa Multimedia Semester 2 ini bertema visualisasi produk dimana semua menggunakan produk Minyak Kutus-Kutus. 

Tujuan Project Based Learning ini tentunya bagaimana nanti mahasiswa mampu mengikuti proses belajar di Politeknik Bhakti Semesta ini agar bisa diterapkan dilingkungan kerja nanti. Project yang dikerjakan pun harapannya bisa membuat mahasiswa mampu mengembangkan kreatifitas dan idenya dalam membuat desain untuk produknya sendiri atau permintaan klien saat bekerja di suatu perusahaan sehingga menghasilkan pendapatan untuk diri sendiri. 

Selain itu, ada mata kuliah penunjang PBL Semester 2 ini yaitu Dasar Game tujuannya adalah melihat dari kebutuhan bisnis sekarang ini yang harus dikemas dengan kreatifitas yang menarik, melihat dari sisi kacamata multimedia harapannya mahasiswa nantinya bisa menjadi lulusan multimedia creator. Dalam mata kuliah penunjang Dasar Game ini mempraktikkan bagaimana caranya memvisualisasikan produk melalui teknik-teknik Dasar Game. 

Memvisualisasikan produk menggunakan fundamental Dasar Game 2 dimensi ini menggunakan konsep dasar statics view dan side scrolling view. Dalam PBL mata kuliah Dasar Game ini Program Studi Teknologi Rekayasa Multimedia membekali mahasiswa untuk bisa membuat object dengan Game 2 Dimensi. Proses pengerjaan project yang panjang, dalam Dasar Game ini mengharuskan mahasiswa membuat karakter dalam Game tersebut menggunakan Pixel. 

Menanggapi perkembangan teknologi di revolusi industri 4.0 ini dari dunia multimedia juga dapat memanfaatkan peluang yang ada, seperti menjual produk Non-Fungible Token atau NFT di berbagai marketplace yang menyediakan. Ilmu,skill dan protofolio hasil karya mahasiswa bisa menjadi modal untuk ikut serta terjun memanfaatkan hal tersebut dalam mendapatkan tambahan pendapatan dengan kreatifitas. Revolusi industri 4.0 membuat kita akan berekspansi ke pasar-pasar baru dengan memanfaatkan teknologi terkini dan tren pemasaran baru untuk mencapai tingkat efisiensi model bisnis baru berbasis digital.

Saat ini Politeknik Bhakti Semesta sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan ke 2 tahun ajaran 2022/2023 dengan Beasiswa Kutus-Kutus Indonesia Pintar. Informasi lebih lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru tersebut bisa diakses melalui website, media sosial, contact person sales marketing atau datang langsung di kampus kami.

(Zahroti Ifadah, S.I.Kom – Promotion Polibest)

Virtual Campus Tour

©2023 Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. All Rights Reserved.
Polibest Radio