Jl. Argoluwih No. 15, Kel.Ledok, Kec.Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732

(0298)-322388

0811 2667 088

Pelatihan Optimalisasi dan Monitoring Jaringan LAN (studi kasus jaringan di ISP PT.Indomedia)

May 25, 2021

Perkembangan teknologi dan sistem informasi menempati peranan utama dalam kebutuhan hidup. Jaringan komputer pada saat ini tentu sangat bermanfaat, antara lain membuat seseorang dapat berkomunikasi dan berhubungan dengan orang lain tanpa dibatasi jarak.

Hal itu mendasari diadakannya pelatihan “Optimalisasi dan Monitoring Jaringan LAN (studi kasus jaringan di ISP PT.Indomedia)” oleh Program Studi Sarjana Terapan Rekayasa Keamanan Siber Politeknik Bhakti Semesta, Selasa 25 Mei 2021.

Pelatihan yang dipandu oleh Ketua Yayasan Kutus Kutus Bhakti Semesta, Ir. Yonathan Lie Sing Liat M.Pd itu menjelaskan jenis media koneksi yang digunakan untuk merancang jaringan. Media itu antara lain berupa wireless atau tanpa kabel, menggunakan kabel, dan media pemasangan jaringan internet melalui optik cahaya atau fiber optic.

Ir. Yonathan Lie Sing Liat M.Pd juga memaparkan hal-hal yang perlu diperhatikan saat pemasangan jaringan wireless, antara lain topologi, pemilihan radio, pemilihan frekuensi yang tepat, pengecekan dan pemilihan medan, serta pengecekan lebar link (jalur pipa virtual yang mampu menjangkau).

Training yang diikuti oleh 12 siswa SMK di Salatiga secara offline itu mengedepankan 30 persen teori dan 70 persen praktik. Para siswa diajak langsung mempraktikkan bagaimana membuat rancang bangun koneksi wireless point to point (outdoor) untuk jasa layanan internet.

Virtual Campus Tour

©2023 Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. All Rights Reserved.
Polibest Radio