Jl. Argoluwih No. 15, Kel.Ledok, Kec.Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732

(0298)-322388

0811 2667 088

PETA PENDEKATAN BARU MASA DEPAN KARIR CYBER SECURITY DI PRODI REKAYASA KEAMANAN SIBER POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA

Seputar KampusJuly 16, 2022

Arus globalisasi membawa tren teknologi kian berkembang hingga memberikan banyak insight baru yang harus bisa kita saring dengan bijak. Kedatangan teknologi yang semakin canggih, mudah dan instan tentu memiliki keuntungan yang bisa kita manfaatkan karena memberikan efek positif kepada user untuk menyelesaikan pekerjaan atau aktifitasnya. Namun, disisi lain juga tidak dipungkiri masih akan muncul dampak buruk yang bisa membuat user ataupun instansi, perusahaan bahkan lembaga apapun merasakannya. Khususnya dalam bidang teknologi informasi yang mengerucut seperti cyber security. 

Keamanan data saat ini menjadi perhatian penting dan serius semua perusahaan manapun karena memiliki nilai yang harus dijaga kerahasiaannya. Hal ini menjadi alasan kuat utama mengapa karir profesional dibidang cyber security memiliki peminat yang banyak karena permintaannyapun yang juga tinggi. Riset terbaru dari ISC2 menemukan bahwa, ketika masa pandemic COVID-19 & tekanan ekonomi mengharuskan perusahaan untuk menambah cyber security profesional diberbagai bidang dalam kurun waktu 12 bulan ke depan. Role cyber security sangat dibutuhkan untuk menjaga data sensitif perusahaan atau usernya.

Masih banyak dari kita mungkin belum terlalu familiar dengan cyber security, jadi cyber secuirty atau keamanan siber menurut Kaspersky adalah teknik pertahanan terhadap serangan berbahaya pada komputer, server, perangkat seluler, sistem elektronik, jaringan dan data. Secara spesifik, Cyber Security, menurut ISO/IEC 27032, atau Cyberspace adalah perlindungan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi di dunia maya, menurut ISO (International Organization for Standardization).

Melihat cyber security menjadi bagian penting dari revolusi industri 4.0 hingga ke masa mendatang, Politeknik Bhakti Semesta membuka Program Studi Rekayasa Keamanan Siber sebagai wadah yang fokus dibidang pendidikan sebagai pendekatan baru dalam menciptakan Sumber Daya Manusia yang mumpuni dibidang keamanan siber. 

Selama ini sudah kita sadari bahwa telah banyak perusahaan yang menerapkan keamanan siber di lingkungan digitalnya dengan membuat pertahanan kemanan berlapis yaitu seperti mulai melindungi database, log monitor hingga kesadaran karyawan tentang data pribadi atau data pekerjaannya yang merasa harus mendapatkan keamanan siber. 

Mengusung Perguruan Tinggi Vokasi yang mengedepankan sistem belajar 70% praktik dan 30% teori, Project Based Learning (PBL) yang menjadi kurikulum pembelajaran di Politeknik Bhakti Semesta ini telah dijalankan dan teraplikasikan dengan baik oleh Dosen kepada seluruh mahasiswa. Pada Project Based Learning Program Studi Rekayasa Keamanan Siber ini diampu oleh Dosen Puspa Ira Dewi Candra Wulan, S.Kom., M.Cs. , Danis Putra Perdana, S.Kom., M.M. , Rivort Pormes, S.Kom., M.Kom. dan Dosen Dunia Industri Rofiq Fauzi, CEH, CHFI. pada semester 2 ini mengerjakan project tentang analisis kejatahan siber di internet. Dalam PBL sekarang ini mencakup 4 mata kuliah yaitu Cyber Law, Dasar Keamanan Siber, Bahasa Indonesia dan Bahasa Inggris. 

Pada semester 2 ini saja Prodi Rekayasa Keamanan Siber memberikan project studi kasus yang dimana proses pengerjaannya nanti merujuk pada profil lulusan sebagai Cyber Intelligence Officer. Hasil project yang dilakukan mahasiswa tersebut berupa jurnal dalam Bahasa Indonesia dan dipresentasikan menggunakan bahasa inggris guna melatih public speaking yang dapat menjadi bekal skill tambahan nantinya. Selain itu, project yang dikerjakan sangat memuaskan dan menjadi nilai tugas akhir semester genap tahun ajaran 2021/2022 ini. 

Adanya PBL semester ini dengan sinkronisasi kurikulum yang telah dilakukan, mahasiswa diharapkan nantinya bisa menjadi role model dilingkungan masyarakat untuk bisa menyampaikan pesan atau gambaran seperti apa kejahatan siber yang marak terjadi saat ini. Selain dapat memberikan pemahaman tentang isu-isu cyber crime yang bisa terjadi dimana dan kapan saja karena digitalisasi yang semakin meluas, mereka juga harus mampu memberikan solusi atau bagamana cara penanganan untuk melindungi diri dari serangan tersebut.

Saat ini Politeknik Bhakti Semesta sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan ke 2 tahun ajaran 2022/2023 dengan Beasiswa Kutus-Kutus Indonesia Pintar. Informasi lebih lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru tersebut bisa diakses melalui website, media sosial, contact person sales marketing atau datang langsung di kampus kami.

(Zahroti Ifadah, S.I.Kom – Promotion Polibest)

Virtual Campus Tour

©2023 Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. All Rights Reserved.