Jl. Argoluwih No. 15, Kel.Ledok, Kec.Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732

(0298)-322388

0811 2667 088

PILIHAN DI TENGAH GEMPURAN MAJUNYA ERA DIGITAL, PROGRAM STUDI BISNIS DIGITAL POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA SIAP CIPTAKAN BIBIT ENTREPRENEUR

Seputar KampusJuly 14, 2022

Saat ini tak terpungkiri bahwa teknologi digital semakin merambah maju. Secara global teknologi dan informasi dikemas dengan digitalisasi terus mengalami evolusi atau perkembangan yang signifikan bisa kita rasakan. Di seluruh duniapun telah terlihat dampak tersebut di kehidupan masyarakat, khususnya juga bagi masyarakat Indonesia. Berbagai macam informasi terus terbarui membicarakan apapun yang sedang menjadi tren masa kini. Hal tersebutpun sudah sangat cepat dan mudah diketahui, tak terkecuali tren yang membahas bidang bisnis guna meningkatkan angka perekonomian.

Generasi muda Indonesia sebagai Sumber Daya Manusia (SDM) yang memiliki harapan besar berkompeten dibidang teknologi ini pun harus mampu mengelola manejerial secara sinergis dan sistematis dengan baik. Selain menjadi perhatian serius pemerintah, dimulai dari tahun 2021 Politeknik Bhakti Semesta telah menginisiasi dengan membuka Program Studi Bisnis Digital. Hal ini muncul karena melihat prospek serta peluang lebar yang harus dimanfaatkan untuk mengubah generasi Indonesia SDM yang unggul. 

Indonesia yang sudah menjadi incaran pasar dalam sektor perekonomian dunia, menerima dan harus membuka diri dengan menciptakan penerus menangani perkembangan ini. Ini adalah tantangan sekaligus peluang kita karena menjadi tolak ukur pengembangan sektor digital. Berjalan bersamaan, Program Studi Bisnis Digital Politeknik bhakti Semesta yang berdiri saat ini akan terus tumbuh dan menjadi wadah sektor yang sangat memberikan keuntungan. Dalam Program Studi ini akan memberikan pembelajaran model bisnis baru yang mengikuti arah perubahan jaman.

Selain SDM yang mumpuni di bidang tersebut, menciptakan entrepreneur muda menjadi salah satu tujuan untuk menjawab gempuran era digital. Mengusung Perguruan Tinggi Vokasi yang mengedepankan sistem belajr 70% praktik dan 30% teori, Project Based Learning (PBL) yang menjadi kurikulum pembelajaran di Politeknik Bhakti Semesta ini telah dijalankan dan teraplikasikan dengan baik oleh Dosen kepada seluruh mahasiswa. Pada semester 2 ini saja Prodi Bisnis Digital mengangkat tema Social Media Development dan Marketing Analysis yang menunjukkan hasil memuaskan dari project yang dikerjakan mahasiswa sebagai nilai tugas akhir semester genap tahun ajaran 2021/2022 ini. 

PBL Prodi Bisnis Digital ini mahasiswa dibentuk secara kelompok dan diarahkan untuk secara kreatif menciptakan ide dan rencana bisnisnya seperti membuat konten dan di publikasikan di akun jualan media sosial dan e-commerce toko mereka yang kemudian dikonsultasikan secara rutin untuk mencapai hasil yang maksimal. Hal ini bertujuan untuk membentuk mahasiswa secara mandiri mengelola financial dalam bisnisnya yang memanfaatkan digitalisasi sehingga nantinya bisa menjadi entrepreneur. Dalam proses penilaian project mahasiswa tersebut mahasiswa memaparkan hasil project yang dikerjakan selama 3 bulan di depan seluruh Dosen Program Studi Bisnis Digital Aldian Umbu Tamu Ama, S.Si., M.Cs. , Yashinta Putri Dwi Astuti, S.E., M.M. , Ignatius Bias Galih Prasadya, S.Pd., M.M. , Deva Nita Mulya, S.E., M.M.  dan Pemilik Naruna Ceramics Roy Wibisono Anang Prabowo sebagai salah sastu mitra kerja sama Politeknik Bhakti Semesta.

Vanishi dan Zevalin sebagai mahasiswa dari salah satu kelompok 1A menyampaikan bahwa mereka dari awal mengerjakan project ini dituntut untuk kolaboratif, aktif, kompak dan mandiri bertanggung jawab menyelesaikan tugas dengan maksimal. Dalam memberikan pengajaran, Dosen pengampu mata kuliah juga memberikan bimbingan secara berkala fleksibel bisa kapan saja mahasiswa ingin berkonsultasi.

Melalui PBL Prodi Bisnis Digital ini nantinya mampu menjawab tantangan di era digital dengan menciptakan generasi muda berbakat, terlatih, dan mandiri unggul dalam Bisnis Digital. 

Saat ini Politeknik Bhakti Semesta sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan ke 2 tahun ajaran 2022-2023. Informasi lebih lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru tersebut bisa diakses melalui website, media sosial, contact person sales marketing atau datang langsung di kampus kami. 

(Zahroti Ifadah, S.I.Kom – Promotion Polibest)

Virtual Campus Tour

©2023 Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. All Rights Reserved.
Polibest Radio