Jl. Argoluwih No. 15, Kel.Ledok, Kec.Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732

(0298)-322388

0811 2667 088

POLITEKNIK BHAKTI SEMESTA SEBAGAI PERGURUAN TINGGI SWASTA VOKASI, APA KELEBIHANNYA?

Seputar KampusJuly 18, 2022

Jenjang pendidikan di perguruan tinggi memiliki berbagai macam tingkatan sesuai dengan masa kuliah yang ditempuh. Salah satu contohnya Pendidikan Diploma atau yang kini lebih populer didengar dengan sebutan pendidikan vokasi adalah satu jenjang pendidikan tinggi yang difokuskan pada pembentukan keterampilan atau keahlian terapan yang dapat dipilih selain Program Pendidikan Sarjana/Strata 1 (S1).

Lalu, apakah Pendidikan Diploma 4 (D4) sama dengan Pendidikan Sarjana 1 (S1)? masa kuliah yang sama-sama ditempuh selama 4 tahun, tetapi apa perbedaan yang mendasar antara kedua jenjang studi tersebut?.

Setara tetapi tak sama, secara komposisi mata kuliah perbedaan pada D4 dan S1 pertama tertelak pada materi yang ada di mata kuliahnya. Jika mata kuliah S1 menitikberatkan pada 60% teori dan 40% praktek, sementara D4 atau S1 terapan menutamakan 60% praktek dan 40% teori (ruangguru.com)

Politeknik Bhakti Semesta sebagai Perguruan Tinggi Swasta Vokasi yang berlokasi di Salatiga memiliki 3 (tiga) Prodi yaitu: Bisnis Digital, Rekayasa Teknologi Multimedia dan Rekayasa Keamanan Siber dalam jenjang D4 – S1 Terapan. Komposisi mata kuliah yang menjadi pokok utama pembelajaran yaitu 70% praktek dan 30% teori. Selain itu, untuk menunjang sistem pembelajaran di kampus Politeknik Bhakti Semesta menggunakan kurikulum Project Based Learning. 

Kurikulum yang dipelajari di perkuliahan kedua jenjang ini memiliki aturan yang berbeda dalam pengumpulan tugas akhir mahasiswanya. Selain komposisi jenjang pendidikan, mata kuliah dan title akhirnya yang berbeda, S1 dalam menyiapkan tugas akhir berupa Skripsi sementara D4 diwajibkan untuk membuat Tugas Akhir (TA) atau proyek. Nah, selanjutnya apa perbedaan antara skripsi dengan tugas akhir (TA)? 

Jadi, Skripsi yang dibuat oleh mahasiswa pengerjaannya dilakukan dengan melakukan riset topik secara mendalam, analisis dan memecahkan fenomena yang terdapat di lingkungan sekitar berdasarkan teori-teori yang dipelajari sesuai jurusan/program studinya. Sedangkan D4, mengharuskan mahasiswa untuk membuat karya atau memecahkan topik masalah yang dimabil sesuai dengan kemampuan skill yang telah didapatkan selama praktik dan berlatih diperkuliahan.

Bagaimana dengan prospek kerja ke depannya nanti? D4 memiliki peluang kerja yang sama dengan S1 menyesuaikan keunggulan masing-masing. Lulusan dengan jenjang pendidikan D4 lebih diutamakan untuk pekerjaan yang memberikan kualifikasi memerlukan portofolio (hasil karya). Tetapi, bagi lulusan D4 tidak perlu khawatir karena bisa juga melamar kerja dengan persayaratan S1 meskipun telah lulus dengan gelar S.Tr dan begitupun berlaku sebaiknya. 

Di Politeknik Bhakti Semesta yang memiliki presentase praktik lebih besar menuntut mahasiswa nantinya bisa mendapat bekal ilmu secara terlatih dapat mengahasilkan banyak karya. Hal itu didukung dengan kurikulum Project Based Learning yang akan memberikan proyek persemesternya sebagai hasil karya dari mata kuliah yang telah diajarkan. Hasil proyek yang diselesaikan tersebut bisa menjadi portofolio karya mahasiswa selama menempuh pendidikan di Politeknik Bhakti Semesta selama 8 Semester dan tentu sangat bisa menjadi pertimbangan di dunia kerja nanti. Selain hasil proyek persemester yang dibuat mahasiswa, program sertifikasi yang ada di Politeknik Bhakti Semesta juga sangat bisa membantu mahasiswa karena memiliki sertifikat pelatihan sesuai dengan bidang program studi yang diambil.

Saat ini Politeknik Bhakti Semesta sedang membuka pendaftaran mahasiswa baru angkatan ke 2 tahun ajaran 2022/2023 dengan Beasiswa Kutus-Kutus Indonesia Pintar. Informasi lebih lengkap mengenai penerimaan mahasiswa baru tersebut bisa diakses melalui website, media sosial, contact person sales marketing atau datang langsung di kampus kami.

(Zahroti Ifadah, S.I.Kom – Promotion Polibest)

Virtual Campus Tour

©2023 Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. All Rights Reserved.
Polibest Radio