Jl. Argoluwih No. 15, Kel.Ledok, Kec.Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732

(0298)-322388

0811 2667 088

Tim Mahasiswa Prodi Bisnis Digital Politeknik Bhakti Semesta Raih Juara Ketiga dalam Workshop dan Lomba Digital Marketing

PrestasiMay 27, 2024

Pemberian Sertifikat Tim Terbaik (3) oleh Penyelenggara Workshop dan Lomba (Himpunan Bisnis Digital UKSW) kepada Tim Biztech Innovations Polibest

Salatiga, 27 Mei 2024 – Tim Biztech Innovations yang terdiri dari empat mahasiswa/i program studi Bisnis Digital Angkatan 2021 dari Politeknik Bhakti Semesta (Polibest) berhasil meraih juara ketiga dalam kegiatan Workshop dan Lomba Digital Marketing se-Jawa Tengah yang diselenggarakan oleh Himpunan Bisnis Digital UKSW. Workshop Digital Marketing ini mengangkat tema “Digital Boost Workshop: Boost Your Business with Digital Marketing.” Prestasi ini menambah daftar pencapaian gemilang mahasiswa Polibest dalam berbagai ajang kompetisi.

Rangkaian kompetisi ini dimulai dengan pendaftaran yang dibuka secara online sejak tanggal 1 – 18 April 2024 dengan ketentuan tiap tim beranggotakan 3-4 mahasiswa yang berasal dari universitas dan jurusan yang sama. Technical meeting pertama diadakan setelah penutupan secara offline di UKSW pada 19 April 2024 dilanjutkan dengan diberikan arahan dan materi melalui Zoom pada 22 – 23 April 2024. Setelahnya tim diberikan waktu untuk menyusun makalah dan PPT kurang lebih selama 2 minggu dengan batas pengumpulan akhir makalah pada 8 Mei 2024. Penilaian oleh juri dilakukan pada 9-10 Mei 2024 kemudian diambil 11 tim terbaik untuk mempresentasikan hasil makalah mereka pada Sabtu, 11 Mei 2024 langsung di UKSW Salatiga.

Sabtu, 11 Mei 2024 – Foto bersama empat tim mahasiswa/i Program Studi Bisnis Digital Polibest yang lanjut tahap presentasi

Dari 24 tim yang mendaftar, diumumkan 11 tim terbaik yang lolos tahap presentasi. Empat tim diantaranya merupakan tim dari program studi Bisnis Digital Politeknik Bhakti Semesta yakni:

  1. Tim Biztech Innovations – Mahasiswa/i Prodi Bisnis Digital Angkatan 2021
  2. Tim BD Best – Mahasiswa/i Prodi Bisnis Digital Angkatan 2021
  3. Tim Spontan – Mahasiswa/i Prodi Bisnis Digital Angkatan 2022
  4. Tim Mestria – Mahasiswa/i Prodi Bisnis Digital Angkatan 2022

Tim Biztech Innovations yang beranggotakan empat mahasiswa/i, Bayu Aji Susilo, Ahmad Wicaksono, Corin Citadini, dan Ferdy Deva Pangestu mengimplementasikan strategi digital marketing dengan tujuan untuk meningkatkan brand awareness suatu usaha kuliner yang memiliki pangsa pasar luas dari berbagai kalangan masyarakat. Usaha yang dipilih yakni Yuco Kitchen milik salah satu anggota tim, Corin Citadini. Ketua Tim Biztech Innovation, Ahmad Wicaksono menyampaikan, “Alasan memilih bisnis ini karena anggota kami telah memiliki keterampilan dan pengalaman di bidang kuliner, sehingga proses bisa berjalan lebih lancar jika telah memahami bisnis tersebut terlebih dahulu.”

Yuco Kitchen menyajikan produk berkualitas tinggi dengan saus variatif dan terus berinovasi dengan beragam menu baru mengikuti tren yang ada. Segmentasi market mereka ditentukan dengan melihat beberapa faktor yakni demografis, psikografis, perilaku, dan geografis. Mereka menggunakan platform instagram, tiktok, dan website untuk mencapai target kampanye promosi mereka sebagai bentuk dari implementasi strategi digital marketing.

Situs website Yuco Kitchen sebagai salah satu media dan alat digital marketing dapat diakses pada link berikut: https://yucokitchen.blogspot.com. Untuk memperluas pangsa pasar dilakukan juga promosi melalui media sosial (Instagram dan tiktok) yang digunakan secara aktif untuk membuat konten yang terjadwal dengan content planner. Pendekatan digital marketing yang digunakan untuk setiap platform juga berbeda. Pemilik Yuco Kitchen sekaligus tim Biztech Innovation, Corin Citadini menyampaikan, “Kami menggunakan iklan berbayar (paid ads) di tiktok dan instagram untuk mencapai KPI (Key Performance Indicator). Setelah dianalisis, dampak dari digital marketing tersebut sangat signifikan untuk mencapai target kami, bahkan lebih.”

“Dengan adanya lomba seperti ini membantu kami sebagai mahasiswa Bisnis Digital untuk memahami pentingnya digital marketing di era sekarang. Harapannya ke depan kami bisa mengembangkan skill yang berguna untuk persiapan karier dan bisa digunakan untuk membuka peluang bisnis baru ataupun mengembangkan bisnis yang sudah ada.” tambah Ahmad Wicaksono dan tim.

 

Tim Biztech Innovations (dari kiri), Ferdy Deva Pangestu, Ahmad Wicaksono, Corin Citadini, Bayu Aji Susilo

Virtual Campus Tour

©2023 Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. All Rights Reserved.
Polibest Radio