Jl. Argoluwih No. 15, Kel.Ledok, Kec.Argomulyo, Kota Salatiga, Jawa Tengah 50732

(0298)-322388

0811 2667 088

Visitasi Tim Asesor BAN-PT Dalam Rangka Asesmen Lapangan Akreditasi Perguruan Tinggi Politeknik Bhakti Semesta Salatiga

Seputar KampusApril 30, 2024

foto bersama keluarga besar Politeknik Bhakti Semesta Salatiga bersama Tim Asesor BAN-PT dan Perwakilan Yayasan Kutus Kutus Bhakti Semesta
Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) melakukan visitasi di Politeknik Bhakti Semesta Salatiga secara luring mulai dari tanggal 26-28 April 2024. Tim asesor BAN-PT yang melakukan visitasi adalah sebagai berikut:
1. Prof. Dr. Indrianty Sudirman, S.E., M.Si dari Universitas Hasanudin

  1. Saepudin Nirwan, S.Kom., M.Kom. dari Universitas Logistik dan Bisnis Internasional
  2. Sri Wahyuni dari staf Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi

 

Visitasi berlangsung selama tiga hari dan berjalan dengan lancar. Pada hari pertama, tim asesor sampai di Salatiga pada sore hari dan langsung dilanjutkan dengan agenda kunjungan lapangan untuk mengeksplorasi menyeluruh sarana dan prasarana kampus didampingi langsung oleh Direktur Politeknik Bhakti Semesta (Neil Semuel Rupidara, S.E., M.Sc., Ph.D), Wakil Direktur 1 (Bapak Hadi Artomo, S.Sn., M.Sn.), Wakil Direktur 2 (John Thomas Edward Matulessy, B.A., S.IP., M.A.), Sekretaris Yayasan Kutus Kutus Bhakti Semesta (Drs. Dody Surya Wardaya, M.M.) dan beberapa perwakilan Dosen.

Kunjungan diawali dengan mengelilingi lokasi pembangunan Kampus 2 Polibest yang berada di Jalan Diponegoro No. 165, Kec. Sidorejo, Kota Salatiga tepatnya di sebelah Taman Cerdas.  Dilanjutkan dengan kunjungan ke Kampus 1 Polibest yang berada di Jalan Argoluwih Nomor 15, Ledok, Kec. Argomulyo, Kota Salatiga. Tim Asesor dan Staf BAN PT memasuki ruangan – ruangan kelas, lab fotografi, lab podcast, lab broadcast, lab produksi, dan lain lain dimana di setiap ruangannya terdapat Dosen dan Mahasiswa untuk dapat menjelaskan terkait fasilitas yang ada. Kegiatan hari pertama diakhiri dengan acara ramah tamah di auditorium Kampus 1 Polibest Salatiga.

Pada pelaksanaan hari kedua, diawali dengan pembukaan secara resmi dilanjutkan dengan padatnya rangkaian agenda kegiatan yang telah disiapkan oleh Tim Asesor dan Staf BAN PT. Setelah pembukaan dengan doa dan menyayikan lagu Indonesia Raya, agenda selanjutnya ialah sesi dengan pimpinan Politeknik Bhakti Semesta berisi pengenalan panel asesor, pembacaan dan penandatanganan Pernyataan Asesmen Lapangan.  Konfirmasi terkait: kebijakan makro pengembangan institusi, sistem tatapamong, sistem pengelolaan,  capaian institusi yang dilaporkan, dan rencana pengembangan perguruan tinggi. Kemudian sesi konfirmasi data LKPT/ Excel data Perguruan Tinggi bersama Tim Akreditasi berisi Penetapan data LKPT final yang akan dijadikan dasar penilaian butir kuantitatif, serta konfirmasi informasi dalam LED.

Agenda dijeda dengan adanya break selama 15 menit sebelum melanjutkan sesi dengan Tim Penjaminan Mutu untuk konfirmasi pelaksanaan penjaminan mutu. Usai sesi, agenda selanjutnya adalah sesi dengan (middle) Manajemen PT untuk Konfirmasi aspek yang terkait dengan pelaksanaan pengelolaan perguruan tinggi untuk area fungsional: program akademik (tridharma) dan pengelolaan sumberdaya (SDM, keuangan, aset dan fasilitas, serta sistem informasi). Sesi ini berakhir di siang hari dan dilanjutkan dengan istirahat makan siang. Setelah istirahat, sesi dibagi menjadi dua oleh tim asesor yang pertama sesi tanya jawab dengan tendik dan dosen di ruang auditorium untuk konfirmasi kinerja, keterlibatan, pelayanan, dan kepuasan dosen dan tenaga kependidikan.Yang kedua adalah sesi tanya jawab dengan mahasiswa di ruang kelas untuk konfirmasi keterlibatan, prestasi, pelayanan, dan kepuasan mahasiswa.

Usai sesi, agenda selanjutnya yakni kerja mandiri tim asesor mengenai penyiapan draft berita acara dan rekomendasi hasil akreditasi. Kegiatan hari kedua diakhiri dengan penyampaian draft Berita Acara finalisasi Berita Acara AL, Penandatanganan Berita Acara Asesmen Lapangan, dan Penyampaian Rekomendasi Hasil Akreditasi ke Perguruan Tinggi.

Jajaran Pimpinan Perguruan Tinggi, Perwakilan Yayasan, dan segenap civitas akademika Politeknik Bhakti Semesta mengucapkan selamat dan sukses atas terselenggaranya kegiatan visitasi akreditasi oleh tim asessor BAN-PT dengan baik, semoga melalui kegiatan ini dapat menjadikan Politeknik Bhakti Semesta lebih baik lagi kedepannya terlebih dengan adanya masukan – masukan dari tim asesor.

Virtual Campus Tour

©2023 Politeknik Bhakti Semesta Salatiga. All Rights Reserved.
Polibest Radio